Sukses

Sambut Tahun Baru Islam dengan Pawai Delman

Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1431 Hijriah, puluhan murid TK Al-Hikmah di Tanjungbarat, Jaksel, berkeliling kota dengan delman.

Liputan6.com, Jakarta: Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muhrram 1431 Hijriah, berbagai aktivitas unik diadakan di sejumlah  daerah di Tanah Air. Di kawasan Tanjungbarat, Jakarta Selatan, Kamis (17/12), puluhan murid Taman Kanak-kanak Al-Hikmah berkeliling kota dengan delman.

Sementara di Solo, Jawa Tengah, warga Kampung Bibis menggelar ritual Bersih Sedang Mbah Meyek. Mereka percaya air sendang dalam ritual tersebut mengandung suatu berkah. Mereka pun lalu menyiramkan air ke sesama warga sebagai bentuk Ngalap Berkah atau mencari berkah.

Tradisi Bersih Sendang Mbah Meyek hanyalah budaya masyarakat Solo dan tidak terdapat dalam Alquran. Bagi mereka, makna 1 Muharam adalah hijrah atau meninggalkan hal yang buruk menuju kepada kebaikan.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.