Sukses

Budidaya Bonsai Bikin Hoki

Di tangan Zulkarnaen, semua tanaman keras bisa disulap menjadi bonsai. Keuntungan yang diraih pun lumayan, hingga Rp 5 juta per bulan.

Liputan6.com, Mandailing Natal: Mitos menyebut bonsai merupakan tanaman yang bisa membawa hoki. Atas dasar itulah seorang karyawan yang baru diberhentikan dari pekerjaannya mencoba peruntungan membudidaya bonsai.

Di tangan Zulkarnaen, warga Mandailing Natal, Sumatra Utara, semua tanaman keras bisa disulap menjadi bonsai. Sebut saja beringin, rambung merah, atau bambu botol. Menurut Zulkarnaen, bagus atau tidaknya bonsai terletak pada lebatnya daun dan uniknya batang. Tak ketinggalan, perlu teknik khusus dalam penataannya. Pria ini menggunakan campuran tanah dan pasir malang. Semua diaduk dengan serbuk akar tanaman pakis yang sudah membusuk.

Hasil karya Zulkarnaen dijual seharga Rp 200 ribu hingga Rp 5 juta. Semua tergantung bentuk dan keunikan tanaman tersebut. Keuntungan yang diraih pun lumayan, bisa Rp 5 juta per bulan.(OMI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.