Sukses

Penggemar Mobil Tua Tolak Rencana Peraturan Pemerintah

Sejumlah penggemar mobil kuno menentang rencana pemerintah melarang mobil tua beroperasi di Jakarta. Mobil baru dinilai menyumbang emisi gas buang lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta: Dalam waktu dekat, pemerintah akan melarang mobil tua beroperasi di Jakarta dengan alasan untuk mengurangi emisi gas buang. Rencana ini ditentang sejumlah penggemar mobil tua. Sebab, menurut mereka, mobil tua hanya sedikit menyumbang emisi gas buang. Jika dibandingkan, jumlah mobil baru yang melintasi Ibu Kota berkali-kali lipat dari mobil tua.

"Mobil kuno yang beredar itu sangat terbatas. Jadi gas buangnya juga sedikit," ucap Ketua Persatuan Penggemar Mobil Kuno Bambang Roes Efendi di Jakarta, baru-baru ini.

Tingginya tingkat polusi di Jakarta memang tak bisa dibantah. Namun, banyak cara yang lebih efektif untuk membuat udara alam sekitar kembali bersih. Mulai dari menanam pohon, membuat biopori, hingga mempromosikan gaya hidup mencintai lingkungan dengan bersepeda.

Rencana melarang beroperasinya mobil tua juga bukan baru kali ini terdengar. Sejak wacana ini muncul, banyak pihak yang sangsi kebijakan ini akan berjalan efektif. Simak selengkapnya di video.(ZAQ/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.