Sukses

Abdau, Tradisi Memeriahkan Iduladha di Ambon

Beragam tradisi budaya menyemarakkan perayaan Iduladha di Tanah Air. Di Ambon, Maluku, ada tradisi namanya "abdau". Ratusan pemuda berebut bendera yang dilambangkan untuk mempertahankan kejayaan Islam.

Liputan6.com, Ambon: Ratusan pemuda di Ambon, Maluku, menggelar ritual tahunan yang disebut abdau, Sabtu (28/11). Tradisi yang digelar setiap usai salat Iduladha itu dimaksudkan, untuk menyemarakan perayaan Iduladha. Para pemuda berebut bendera berwarna hijau untuk dibentangkan sebagai lambang mempertahankan kejayaan Islam pada masa Nabi Muhammad SAW.

Ada lagi tradisi yang membuat semarak perayaan Iduladha. Para pemuda memperagakan tarian kekebalan tubuh dengan menggunakan benda tajam. Selain itu mereka juga menggelar tarian hadarat dan cakalele, serta tarian bambu gila. Perayaan juga diisi karnaval dengan membawa atribut layaknya dari tanah Arab, seperti Kabah dan unta. Simak selengkapnya di video berita
ini
.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.