Sukses

Beragam Tradisi Memperingati Iduladha

Memperingati Iduladha bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menerapkan tradisi turun-temurun. Tradisi ala Betawi, Jambi, dan Yogyakarta, berbeda dan sama-sama unik.

Liputan6.com, Jakarta: Suara petasan menandakan peringatan Hari Raya Iduladha di Kampung Kreo, Jakarta Barat, dimulai. Sama dengan tradisi Islam umumnya, acara diawali dengan pemotongan hewan kurban. Bedanya, warga Betawi mendandani hewan kurban bak peliharaan hias, dimandikan dengan air kembang tujuh rupa, sebelum hewan disembelih.

Peringatan Iduladha di Kuala Tungla, Jambi, dirayakan dengan pawai akbar. Beragam arak-arakan bernuansa haji tampil dalam acara tersebut. Pesertanya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari bocah hingga orang dewasa.

Tak kalah menarik perayaan di Keraton Yogyakarta. Tradisi gunungan grebeg besar, yang diperingati sehari setelah Iduladha membuat warga antusias. Acara digelar di halaman keraton. Penasaran dengan tradisi unik Iduladha? Simak dalam tayangan video berita berikut.(OMI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.