Sukses

Seniman Demo Pelestarian Candi Borobudur

Ratusan seniman dan petani menggelar aksi menuntut pemerintah terus melestarikan keberadaan Candi Borobudur. Mereka mendesak pelestarian sebaiknya tidak hanya dilakukan dalam bentuk fisik, melainkan juga eksistensinya.

Liputan6.com, Magelang: Sekitar 150 seniman dan petani serta masyarakat sekitar kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, menggelar demo di pelataran candi, Kamis (29/10). Mereka menuntut pemerintah melestarikan Candi Borobudur secara konsisten.

Menurut pendemo, selama ini banyak pejabat yang tidak konsisten dalam melestarikan keberadaan candi kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut. Pelestarian sebaiknya tidak hanya dilakukan dalam bentuk fisik, melainkan juga eksistensinya.

Aksi digelar bertepatan dengan peringatan Hari Konservasi yang untuk kali keempat jatuh pada 29 Oktober ini dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke kantor balai konservasi setempat. Di halaman kantor itu, Kepala Balai Konservasi Candi Borobudur, Wasis, bersedia menemui massa. Wasis berjanji akan menampung aspirasi para pendemo untuk ditindaklanjuti.(YNI/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini