Sukses

Calon Haji Tak Permasalahkan Pemondokan

Sejumlah jemaah haji mengaku berangkat haji adalah ibadah sehingga mereka tak peduli jika pemondokan masih bermasalah. Pemerintah berjanji akan memberi pelayanan terbaik bagi jemaah haji setiba di Tanah Suci.

Liputan6.com, Jakarta: Musim haji telah tiba. Jumat (23/10) pagi tadi, kloter pertama haji diberangkatkan dari total 270.000 jemaah haji tahun ini. Ada rona kebahagiaan, tapi para calon haji harus tetap waspada karena banyak masalah setiba di Tanah Suci. Salah satunya soal pemondokan yang jauh dan belum memenuhi standar keamanan.

Banyak pemondokan haji di Mekkah yang ternyata masih jauh dari standar keamanan. Seperti tidak adanya tangga darurat atau lokasinya yang terlalu jauh dari tempat ibadah Masjidil Haram. Terlebih lagi, Menteri Agama Suryadharma Ali, menyatakan permasalahan seputar haji memang belum dapat dituntaskan.

Namun, sejumlah jamaah haji yang ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, umumnya tidak mempermasalahkan kurangnya standar keamanan. Bagi mereka, berangkat haji adalah kewajiban ibadah sehingga mereka pasrah kepada Yang Kuasa. Meski banyak kendala, pemerintah berjanji akan memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah yang akan beribadah ke Kota Suci Makkah. Selengkapnya, simak tayangan video berikut.(TES/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.