Sukses

Kota Kaliwungu, Gudangnya Kartunis

Di Kota Kaliwungi, Kabupaten Kendal, Jateng, terdapat kampung kartunis. Kokang adalah komunitas orang yang berkecimpung di bidang kartun dan karikatur.

Liputan6.com, Kendal: Kalau kita berjalan-jalan ke Kota Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, kesan yang tampak adalah komunitas masyarakat kental dengan nuansa religi. Di kota yang berbatasan dengan Semarang ini memang banyak terdapat pondok pesantren.

Namun, siapa sangka di Kaliwungu terdapat puluhan orang yang bisa membuat kita terperangah. Ya, memasuki kampung ini memang bagaikan masuk studio alam tradisional lantaran banyak warganya yang berkecimpung di bidang kartun serta karikatur. Di kota berpenduduk kurang dari 100 ribu jiwa ini tinggal puluhan kartunis berprestasi yang membentuk wadah Kelompok Kartunis Kaliwungu yang disingkat Kokang.

Muchid Rahmad, seorang kartunis, menyatakan kelompoknya tak hanya menerima warga Kaliwungu saja. Kartunis Tevi Hanafi yang juga berprofesi sebagai guru senirupa mengaku dengan bergabung pada kelompok Kokang, kesibukannya dapat dicurahkan di atas kertas. Karyanya kini diminati beberapa penerbit dan beredar di berbagai toko buku di Indonesia.

Kaliwungu bukan cuma gudang kartunis. Di sekretarit kokang juga sering diwarnai canda para aktivis Kokang yang karikaturis. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini