Sukses

Korban Tewas Bisa Capai Ribuan Orang

Pemerintah melansir, hingga Kamis petang, 527 jiwa melayang akibat gempa 7,6 skala Richter di Sumatra Barat. Korban paling tinggi di Kota Padang, yakni sebanyak 376 orang.

Liputan6.com, Jakarta: Sedikitnya 527 orang diketahui meninggal akibat gempa tektonik 7,6 skala Richter yang mengguncang Sumatra Barat, kemarin petang. Korban paling tinggi di Kota Padang, yakni sebanyak 376 orang. Tapi kemungkinan besar angka korban ini masih akan bertambah. "Perkiraan kami ribuan orang kemungkinan meninggal," kata Rustam Pakaya, Kepala Pusat Pengendalian Krisis Departemen Kesehatan, seperti dilansir situs resmi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kamis (1/10) petang.

Sepanjang hari ini, tim penyelamat berupaya keras di tengah hujan deras untuk menemukan mereka yang masih bertahan di bawah puing gedung yang ambruk. Gempa mengakibatkan longsor di beberapa kawasan dan memutuskan aliran listrik. Di Padang, Sumatra Barat, ratusan bangunan termasuk rumah sakit mengalami kerusakan parah. Tim penyelamat memperkirakan jumlah korban kemungkinan besar akan bertambah karena masih banyak warga yang tertimbun di bawah reruntuhan bangunan [baca: Ribuan Orang Diperkirakan Masih Tertimbun].

Sebelumnya, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Priyadi Kardono mengatakan korban jiwa di Padang saja diperkirakan antara 100-200 orang dan lebih dari 500 bangunan dan rumah hancur. "Banyak orang yang tinggal di tempat terbuka dan ratusan orang lainnya berada di fasilitas-fasilitas publik," kata Priyadi.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini