Sukses

Keterampilan Pas-pasan, Tetap Nekat ke Jakarta

Kota besar menjadi tujuan kebanyakan masyarakat desa yang bermimpi dapat memperbaiki kehidupannya. Salah satu pemuda di Tegal, Jateng, bahkan nekat berangkat walau tak memiliki keterampilan.

Liputan6.com, Tegal: Kota besar identik dengan kemewahan dan harapan untuk membuat hidup yang lebih baik. Dengan gambaran tersebut, masyarakat desa banyak yang mencari pekerjaan di Jakarta. Meskipun dengan ijazah dan keterampilan seadanya, mimpi menjadi kaum urban membuat mereka berani berjibaku dengan pendatang dari daerah lainnya.

Salah satu warga yang mencoba peruntungan di Jakarta adalah Mohamad Rizki. Pemuda berusia 19 tahun ini merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas yang belum memiliki pengalaman. Meski demikian, Rizki yakin kalau dirinya bisa mengadu nasib di Jakarta.

Belum lama ini SCTV mengunjungi rumah Rizki di Kelurahan Kejambon, Tegal Timur, Jawa Tengah. Menurut Rizki, dirinya berniat pergi ke Jakarta bersama teman yang sudah bekerja di kota megapolitan itu sebelumnya. Nantinya, lelaki lulusan Muhammadiyah itu ditawari bekerja di bengkel mobil ternama, di kawasan Jakarta Utara.

Ajakan dari saudara atau kerabat yang pernah tinggal di Jakarta bisa menjadi faktor masyarakat desa nekat datang ke kota besar. Namun perlu diingat, keterampilan yang memadai akan sangat membantu peningkatan taraf hidup seseorang.(OMI/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini