Sukses

Warga Trenggalek Berlebaran Senin

Sebagian warga Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur berlebaran pada Senin (21/9). Pasalnya, mereka tidak melihat hilal.

Liputan6.com, Trenggalek: Sebagian warga Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur berlebaran pada Senin (21/9). "Kami meyakini tanggal 1 Syawal jatuh pada hari ini," kata Ustaz Zamroji Asyhari, tokoh masyarakat Desa Kedunglurah, saat ditemui ANTARA di rumahnya, Senin pagi.

Ia dan belasan pengikutnya menjalankan salat Id di rumahnya di Desa Kedunglurah setelah menunaikan ibadah puasa selama 30 hari. "Kami tak berlebaran Ahad kemarin karena tak yakin. Lagi pula `rukyatul hilal` yang dilakukan di sejumlah tempat di Jawa Timur juga gagal melihat hilal," kata alumni Pondok Pesantren Alfalah, Ploso, Mojo, Kabupaten Kediri itu.

Sebagaimana ajaran Rasulullah, lanjut dia, apabila ragu tentang keberadaan hilal, maka ibadah puasa digenapkan menjadi 30 hari. "Kami memegang teguh ajaran Rasulullah itu sehingga kami sama sekali tak terpengaruh dengan penglihatan beberapa orang terhadap hilal di tempat lain di luar Jatim. Apalagi kami tinggal di Jatim," katanya.

Sementara itu, sebagian besar masyarakat di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Tulungagung melaksanakan salat Id, Minggu kemarin. Kendati sempat khawatir karena kegagalan tim "rukyatul hilal" melihat awal bulan Syawal 1430 Hijriah di beberapa tempat, mereka akhirnya mantap setelah mendengar keputusan pemerintah.(AND)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.