Sukses

Pemain "PPT 3" Lebaran di SCTV

Ada tawa canda dan cerita bermakna mengenai perjalanan serial "Para Pencari Tuhan 3". Di balik semua itu, para pemain merasa lebih mengenal Islam dengan benar. Itu juga yang diharapkan dari para penontonnya.

Liputan6.com, Jakarta: Sinetron religi SCTV "Para Pencari Tuhan (PPT)" sudah memasuki sesion ke-3, pada tahun ini. Keberhasilan serial bertema kehidupan muslim itu tak lepas dari tangan dingin Deddy Mizwar selaku sutradara sekaligus pemain PPT. Dalam Dialog Spesial Lebaran, para pemain sinetron ini bercerita banyak mengenai suka dan duka proses syuting mereka.

Adalah Azzam dan Kallila, mereka saling menyukai satu sama lain. Namun tak seperti pasangan kebanyakan, keduanya menjaga keutuhan cinta dengan menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ada juga tiga pemuda kampung yang belum mengenal Islam dengan benar, kini berbalik 180 derajat haus akan pengetahuan agama. "Bang Jack" yang diperankan Deddy Mizwar menjadi pencerah, pembuka hati orang-orang muda ini.

Sekelumit kisah itu ternyata membawa berkah bagi penonton yang menyimak serial PPT. Menurut Deddy, kesederhanaan itulah yang mudah ditangkap oleh masyarakat. Kebiasaan yang salah dalam kehidupan sehari-hari, sebisa mungkin diperbaiki lewat serial ini. Salah satunya, menurut Deddy, terekam dalam sebuah adegan. "Jika saja syariat membolehkan, aku ingin berwudhu dengan air matamu," ujar Azzam saat melihat Kallila menangis, tanpa memeluknya. Hal inilah, menurut Dedy, sulit ditemukan di kehidupan masyarakat.

Sementara bagi Melky, Isa, dan Aden "Bajaj", kebersamaan di PPT 3 memberi mereka pengalaman religi yang lebih dalam lagi. "Sekarang sudah bisa motong kambing, mandiin mayat, sama bersihin musola," ujar Melky sembari tertawa lepas. Hal serupa diamini para pemain PPT yang lainnya.

Bicara mengenai puasa, pemain PPT mengaku setiap tahun mengalami kemajuan. Agus Kuncoro yang berperan sebagai Azzam kini makin memahami makna berpuasa. Lain lagi Arta Ivano si pemeran Kallila, dirinya mengaku kalau perempuan memiliki waktu yang tidak penuh dalam berpuasa. Sementara Deddy Mizwar merasa selalu kurang dalam menjalankan ibadah. "Setiap mencari, selalu merasa kurang. Ini namanya mencari Tuhan, ga akan ketemu," ujarnya.

Penuturan Deddy itu pun diharapkan para pemain PPT 3 dapat menjadi lampu hijau bagi PPT sesi ke-4. "Mudah-mudahan ada PPT sesi empat, lima, dan seterusnya," celetuk Aden si "Barong" sumringah. Simak tawa canda para pemain PPT dalam video Dialog Spesial Lebaran berikut.(OMI/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.