Sukses

Nanti Malam, Pengumuman 1 Syawal 1430 H

Sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1430 H akan digelar nanti di Depag, Jakpus. Perhitungan secara astronomi, Idulfitri jatuh pada Ahad besok.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah hingga kini belum mengumumkan kapan jatuhnya 1 Syawal 1430 Hijriah. Pasalnya, sidang isbat yang digelar di Departemen Agama, Jakarta Pusat, Sabtu (19/9), baru dimulai pada pukul 18.40 WIB. Sidang isbat akan dihadiri pakar hisab dan rukyat, sejumlah instansi pemerintah, beberapa organisasi masyarakat Islam, serta perwakilan dari negara-negara Islam.

Dari 30 titik, hingga petang ini belum terlihat adanya hilal atau bulan sabit. Kemungkinan hanya dua hilal akan terlihat di dua titik, yaitu di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, dan Pantai Kupang.

Berdasarkan perhitungan secara astronomi, 1 Syawal akan jatuh pada 20 September 2009. Sebab, posisi hilal hari ini sudah di ketinggian empat derajat di atas ufuk. Sehingga hilal dipastikan sudah bisa dilihat. Hasil perhitungan tersebut sama dengan Muhammadiyah yang telah menetapkan 1 Syawal 1430 Hijriah jatuh pada Ahad besok.(BOG/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini