Sukses

Berpuasa Sebaiknya Sahur

Orang yang akan berpuasa sebaiknya sahur agar memperoleh keberkahan. Bagi orang yang tidak sahur, dikhawatirkan niat puasanya juga akan terlewat.

Liputan6.com Jakarta: Sahur bukan rukun puasa, tapi merupakan sunah Rasul. Menurut Rasulullah, bersahurlah kalian karena pada sahur itu ada keberkahan. Demikian penjelasan Ustad Subki Al-Bughuri dalam tayangan Dakwah Ramadan SCTV, Rabu (16/9).

Merujuk kepada sabda Rasulullah, orang yang berpuasa semaksimal mungkin harus sahur agar memperoleh keberkahan. Terlebih lagi, kata ustad Subki, jika tidak sahur dikhawatirkan niat puasanya juga akan terlewat. Padahal, niat adalah rukun puasa. Karena itulah supaya niat puasa tidak terlupakan, sebagian masyarakat membacanya selepas salat tarawih atau witir. "Ini untuk jaga-jaga kalau pada waktu sahur kita tidak terjaga atau terbangun," ujar ustad Subki.

Apabila niatnya terlewatkan lantaran tidak sahur, menurut ustad Subki, puasanya terus dijalankan. Sebab ada pendapat yang mengatakan bahwa saat satu Ramadan ingin mengisi puasa satu bulan penuh, maka itu sudah menjadi bagian dari niat. Simak selengkapnya penjelasan Ustad Subki Al-Bughuri dalam video ini.(IAN/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.