Sukses

Seribu Mahasiswa Bangka Belitung Mudik Bersama

Seribu mahasiswa asal Bangka Belitung dari beberapa universitas di Jawa mudik bersama menggunakan Kapal Sirimau. Tradisi ini sudah berlangsung sejak 2007.

Liputan6.com, Jakarta: Seribu mahasiswa asal Bangka Belitung dari beberapa universitas di Jawa mudik bersama menggunakan Kapal Sirimau di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, Senin (14/9). Transportasi laut jadi andalan mereka karena harga tiketnya terjangkau yakni Rp 185 ribu per orang. Mudik bersama ini sudah berlangsung sejak 2007.

Di Pulau Kangean, Sumenep, Madura, arus kedatangan pemudik mulai mengalami peningkatan. Para pemudik datang dari daerah yang cukup jauh seperti Jakarta, Bali, maupun dari luar negeri. Diperkirakan puncak arus mudik ke Pulau Kangean akan terjadi besok lusa.

Peningkatan kedatangan penumpang juga terjadi di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara. Peningkatan arus mudik penumpang kapal ini mulai berlangsung sejak Ahad lalu. Berdasarkan data dari Adpel Belawan, sudah ada 2.500 penumpang tiba menggunakan kapal.

Sementara di Temanggung, Jawa Tengah, tumpukan material proyek pembangunan trotoar yang ada di kanan kiri jalan belum dibersihkan. Hal ini dapat mengganggu kelancaran penggunaan jalan dan dikhawatirkan terjadi kemacetan di jalur alternatif Purwokerto-Semarang pada arus mudik nanti. Selengkapnya simak video berikut.(JUM/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.