Sukses

Tidak Semua Setan Dibelenggu Ketika Ramadan

Mengapa masih banyak godaan bagi orang yang sedang berpuasa? Padahal, banyak pendapat yang mengatakan bahwa setan-setan dibelenggu ketika Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta: Mengapa masih banyak godaan bagi orang yang sedang berpuasa? Padahal, menurut hadis Rasulullah setan-setan dibelenggu saat Ramadan tiba. Mungkin pertanyaan tersebut pernah terlintas di benak Anda. Jangan khawatir, Ustad Subki Al-Bughury dapat menjawab pertanyaan itu.

"Ada tiga pendapat yang perlu diperhatikan. Pertama, setan berjalan pada tubuh anak manusia melalui aliran darahnya," ungkap Ustaz Subki Al-Bughury. Maksudnya adalah, saat manusia berpuasa dan terhindar dari makanan yang haram, saat itu pengaruh setan menjadi lebih kecil.

Pendapat kedua mengatakan, setan yang dibelenggu hanya yang jahat saja. Maka dari itu, masih ada setan yang berkeliaran dan berpeluang mengganggu manusia. Setan terdiri dari dua golongan, jin dan manusia. Jadi setan manusia yang berperan menggangu.

Pendapat ketiga menyebutkan, ada jiwa-jiwa yang memang sejak pertama sudah jelek. Sehingga, walaupun Ramadan tiba, hati mereka tetap saja buruk. Sengaja berbuat kesalahan, dan akhirnya tergoda oleh setan. Simak penjelasan lengkap dari Ustad Subki Al-Bughury dalam video berikut.(ASW/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini