Sukses

Sepuluh Orang Perebutkan Kursi Rektor ITB

Majelis Wali Amanat (MWA) ITB telah menjaring 10 nama bakal calon rektor periode 2010-2014. Mereka selanjutnya akan mengikuti tahapan hingga proses seleksi akhir yang dijadwalkan mulai 20 November 2009.

Liputan6.com, Bandung: Pucuk pimpinan Institut Teknologi Bandung (ITB) bakal berganti. Saat ini Majelis Wali Amanat (MWA) ITB telah menjaring 10 nama bakal calon rektor periode 2010-2014. Mereka selanjutnya akan mengikuti tahapan hingga proses seleksi akhir yang dijadwalkan mulai 20 November 2009.

Ke-10 kandidat Rektor ITB itu adalah Prof. Dr. Ir. Adang Surahman MSc, Dr. Akhmaloka, Prof. Dr. Ir. Deny J. Puradimaja DEA., Dr. Ir. Ichsan Setya Putra, Dr. Intan Ahmad, Indra Djati Sidi PhD, Prof. Dr. Irwandy Arif DEA MSc, Dr. Ir. Isnuwardianto, Prof. Dr. Ir. Rizal Z. Tamin, dan Prof. Dr. Ir. Suhono H. Supangkat MEng,CGEIT.

Anggota MWA ITB Dr. Benno Rahardyan seperti disampaikan Taufik Jamil kepada ANTARA, Ahad (13/9) pagi, 10 nama bakal calon terpilih itu adalah hasil seleksi awal dari 22 nama. Ke-22 nama itu masuk nominasi pada sidang pleno yang berlangsung terbuka dipimpin Ketua MWA ITB Yani Panigoro.

Sidang pleno dihadiri anggota MWA ITB terdiri dari wakil masyarakat, wakil mahasiswa, wakil pegawai, wakil Senat Akademik, wakil dari Gubernur Jawa Barat, dan Rektor ITB. Sebelum masuk ke Sidang Pleno MWA, ke-22 nominasasi calon Rektor ITB telah mengikuti proses diskusi panel yang dilaksanakan pada 8-10 September 2009 dengan panelis Prof. Hariadi P. Soepangkat (mantan Rektor ITB 1980-1988). Panelis lainnya Prof Hariono A. Tjokronegoro dan Prof. Enri Damanhuri (wakil Majelis Guru Besar ITB), Prof. Tommy Firman dan Prof. Alibasyah Siregar (wakil Senat Akademik ITB), Betti S. Alisjahbana dan H.S. Dillon, PhD (wakil Majelis Wali Amanat ITB).

Faktor-faktor yang dilihat dalam panel diskusi meliputi integritas, komitmen, kepemimpinan yang arif. Termasuk, keberpihakan, jiwa kewirausahaan termasuk kreativitas dan inovasi, wawasan, kemampuan manajerial, dan pengalaman memimpin lembaga pendidikan serta penelitian. Betti Alisjahbana, Ketua Panel Diskusi, mengatakan bahwa proses diskusi panel berlangsung kondusif dan banyak di antara kandidat dari kalangan muda yang berpotensi menjadi pemimpin ITB masa depan.

Ke-10 bakal calon rektor ITB periode 2010-2014 selanjutnya akan mengikuti proses di Senat Akademik (SA) yang dijadwalkan 10-30 Oktober 2009, berupa interaksi masyarakat dengan bakal calon 10 Oktober 2009 dan interaksi SA dengan bakal calon pada 17 Oktober 2009. Sedangkan proses seleksi akhir di Majelis Wali Amanat ITB dijadwalkan 20 November hingga 5 Desember 2009.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.