Sukses

Perayaan Yadnya Kasada Sepi Wisatawan

Seluruh masyarakat suku Tengger di wilayah sekitar Gunung Bromo, Probolinggo, Jatim, merayakan peringatan Yadnya Kasada. Perayaan tahun ini sepi.

Liputan6.com, Probolinggo: Seluruh masyarakat suku Tengger di wilayah sekitar Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (7/9), mengadakan perayaan Yadnya Kasada. Sayangnya perayaan tahun ini kurang diminati wisatawan lokal lantaran digelar bersamaan dengan bulan puasa.

Puncak perayaan ditandai iring-iringan warga suku Tengger yang turun menuju Pura Poten di lautan pasir, bawah puncak Gunung Bromo pada tengah malam. Mereka membawa sejumlah sesaji untuk persembahan sambil diiringi gamelan khas suku tengger.

Sebelumnya perayaan Yadnya Kasada dibuka dengan pementasan kesenian tari Roro Anteng dan Joko Seger di Balai Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo. Kesenian ini bercerita asal usul leluhur suku tengger yang konon berasal dari cerita kedua tokoh itu. Saksikan selengkapnya di video berita ini.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini