Sukses

Anggraeni Menyapu Jalan demi Tiga Anak

Bulan Ramadan, Dewi menjalani profesi sebagai penyapu jalan di sekitar Pasar Bendungan Hilir, Jakpus. Ia berusaha menghidupi tiga anaknya meski digaji Rp 300 per bulan.

Liputan6.com, Jakarta: Mentari belum menampakkan wajahnya. Di waktu sebagian besar orang akan tidur, sebagian lainnya justru bersiap untuk bekerja. Di antaranya adalah Anggraeni Dewi Puspita, seorang penyapu jalan. Profesi ini bukan pekerjaan mudah dan kurang berarti, apalagi dijalani dari malam hingga dini hari.

Dewi bekerja di sekitar Pasar Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Ibu tiga anak ini melakoni pekerjaan dari jam 09.00 WIB sampai pagi dini hari. Sembilan tahun sudah ia menggeluti pekerjaan itu.

Di sela-sela pekerjaannya, Dewi menyempatkan diri pulang ke rumah ibunya di Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat. Di sanalah ia menitipkan tiga buah hatinya. Bila tak sempat pulang, seorang anaknya yang akan datang ke Ibu Kota negara.

Sejumlah pekerjaan sempat dijalani Dewi. Ia sempat mencoba peruntungan dengan berdagang di kaki lima. Tapi pekerjaan sebagai pedagang kaki lima, tak pernah membuat hatinya tenang. Penertiban oleh Satuan Polisi Pamong Praja menjadi satu faktor utamanya. Ini yang membuatnya beralih pekerjaan.

Penghasilannya sebesar Rp 300 per bulan tentu saja tak cukup. Kadang ia mendapat tambahan penghasilan dengan membantu apa saja pedagang di pasar. Selama Ramadan, Dewi kini harus bekerja lebih keras agar dapat membeli pakaian Lebaran buat anak-anaknya. Saksikan selengkapnya video berita ini.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.