Sukses

Batik Milik Indonesia

UNESCO akan menetapkan batik sebagai warisan budaya dari Indonesia. Penetapan ini diharapkan bisa mencegah klaim batik oleh negara lain.

Liputan6.com, Bogor: Akhirnya. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) akan menetapkan batik sebagai warisan budaya dari Indonesia. Kabar gembira ini disampaikan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/9).

Pemberian sertifikat pengesahan batik sebagai representasi budaya Indonesia, akan dilakukan dalam sidang UNESCO di Abu Dhabi, 2 Oktober mendatang. Seiring dengan itu Presiden Yudhoyono mengimbau pada momen itu masyarakat Indonesia mengenakan batik sebagai bentuk penghargaan warisan budaya. Penetapan ini diharapkan bisa mencegah klaim batik oleh negara lain.

UNESCO mengakui keunikan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang memiliki filosofi mendalam. Upaya pemerintah melestarikan dan melindungi batik melalui penerbitan buku panduan sejarah batik juga menjadi pertimbangan. Selengkapnya saksikan video berita ini.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini