Sukses

Menko Kesra Bantah Kelaparan di Yahukimo

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie mengaku menerima laporan bahwa tidak terjadi bencana kelaparan di Kabupaten Yahukimo, Papua.

Liputan6.com, Bogor: Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Aburizal Bakrie membantah pemberitaan kelaparan di Kabupaten Yahukimo, Papua. Aburizal mengaku menerima laporan bahwa tidak terjadi bencana kelaparan di Yahukimo. "Saya terkejut membaca [berita] itu dan ternyata tidak ada masalah itu. Dan mereka juga laporkan kepada kami soal kelaparan itu tidak ada, baik dari gereja yang beroperasi maupun bupati [Yahukimo]," kata Aburizal usai rapat kabinet terbatas membahas penanganan gempa di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/9).

Juga dari laporan bupati dan gereja, menurut Menko Kesra, tidak diperoleh data korban meninggal akibat bencana kelaparan. "Jadi tidak ada korban karena kelaparan. Tapi kalau ada yang meninggal, setiap hari pasti ada. Di Jakarta, setiap hari juga ada orang meninggal," ujar Ical--demikian Aburizal kerap disapa.

Sejak bencana kelaparan dua tahun silam di Yahukimo, Menko Kesra mengatakan, pemerintah telah menangani masalah pangan, pendidikan, dan kesehatan di beberapa distrik di kabupaten bersangkutan. Dalam urusan pangan, beberapa distrik yang ditangani telah ditanami tanaman pangan dengan bibit unggul. Memang, ia mengakui, beberapa distrik masih menanam bibit tak unggul yang rentan penyakit sehingga gagal panen. Namun, Ical kembali menegaskan tak ada yang meninggal akibat gagal panen ini. "Itu suatu gagal panen dan tidak menyebabkan kelaparan," ujar pengusaha yang mencalonkan diri sebagai ketua umum Partai Golkar ini.

Sebelumnya, sejumlah media massa melansir laporan dari Yayasan Kristen Pelayanan Sosial Masyarakat Indonesia (Yakpesmi) yang menyatakan sejak Januari hingga Agustus 2009, sedikitnya 113 warga Yahukimo tewas akibat kekurangan asupan gizi. Kebanyakan korban berasal dari tujuh distrik, yaitu Distrik Langda, Bomela, Seradala, Suntamon, Pronggoli, dan Heryakpini. Namun, seperti diakui Wakil Gubernur Papua Alex Hasegem, pihaknya belum menerima laporan dari Pemerintah Kabupaten Yahukimo tentang adanya bencana kelaparan [baca: Bencana Kelaparan di Yahukimo, 113 Tewas].(ZAQ/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.