Sukses

Kala Pejabat Jadi Peserta MTQ

Puluhan pejabat di lingkungan pemerintah kota Gorontalo mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran. MTQ antar pejabat ini juga dinilai juri layaknya MTQ profesional.

Liputan6.com, Gorontalo: Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) biasanya diikuti para qori dan qariah profesional. Tapi di kota Gorontalo, pekan ini, pemerintah daerah setempat menggelar MTQ antar pejabat. Lomba yang digelar setiap tahun sejak 2006 ini wajib diikuti pejabat yang beragama Islam. Lebih dari 40 pejabat dari tingkat camat hingga sekretaris daerah dan walikota menjadi peserta MTQ ini. Salah satunya Walikota Gorontalo, Adhan Dambea.

Layaknya ajang profesional, MTQ antar pejabat ini juga dinilai oleh empat juri yang melakukan penilaian terhadap empat aspek. Yaitu tajwid, kefasihan, suara, dan lagu. Namun, standar nilai yang ditetapkan tentu tak setinggi standar penilaian qari profesional.

Dengan kegiatan ini, setidaknya para pejabat mau tidak mau harus belajar mengaji. Apalagi di daerah ini terdapat peraturan daerah tentang wajib baca tulis Alquran bagi calon siswa baru sekolah menengah pertama.

Semoga saja makna ayat-ayat suci Alquran ini tak hanya terlantun begitu saja dari mulut para pejabat ini, tetapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga mereka dapat terhindar dari tindakan penyalahgunaan jabatan seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme.(TES/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini