Sukses

Menhub: Jumlah Pemudik Melonjak 16 Juta Orang

Pemudik Lebaran 2009 diperkirakan meningkat menjadi 16 juta lebih. Namun pemerintah menjamin ketersediaan moda transportasi untuk mengangkut warga yang akan mudik.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah memperkirakan jumlah penumpang mudik 2009 akan meningkat sebesar 6,1 persen atau menjadi  16,3 juta orang. Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Jamal saat pelepasan tim Ekspedisi Mudik 2009 di Departemen Perhubungan, Jakarta, Senin (31/8).

Meningkatnya jumlah pemudik telah diantisipasi Dephub dengan memaksimalkan kapasitas penumpang di tiga moda transportasi sebesar 35 juta tempat duduk. "Artinya dari kapasitas melebihi dari permintaan. Jadi jangan khawatir tidak tersedia tempat duduk baik di angkutan laut, udara, kereta api, maupun di jalan," kata Menhub.

Peningkatan terbesar didominasi pada angkutan darat sebesar 6,5 juta kendaraan. Khusus untuk pemudik sepeda motor diminta untuk tidak memaksakan berkendara bersama keluarganya. Bagi pengguna sepeda motor yang mudiknya jauh, bisa menggunakan gerbong khusus yang disediakan PT Kereta Api. Simak penjelasan Menhub Jusman Syafii selengkapnya dalam video berikut.(TES/DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.