Sukses

Buang Jemu dengan Jemunak

Rohimah Daroji adalah satu-satunya penjual kue jemunak di Salatiga, Jateng. Uniknya, kue ini hanya muncul saat Ramadan saja.

Liputan6.com, Salatiga: Indonesia begitu kaya dengan aneka makanan, termasuk makanan khas yang hanya muncul pada saat Ramadan. Sebut saja jemunak, merupakan makanan khas Kota Salatiga, Jawa Tengah. Jemunak adalah singkatan dari membuang jemu rasane enak.

Di Salatiga, jemunak buatan Rohimah Daroji, warga Dusun Karangasem, Desa Suruh, Salatiga terkenal paling enak. Rohimah membuat jemunak dibantu suaminya. Perempuan berusia 67 tahun ini sudah 20 tahun membuat makanan dari singkong itu. Bahkan, kini hanya Rohimah satu-satunya yang menjual jemunak. 

Makanan seharga Rp 1.000 per bungkus itu cara pembuatannya sederhana. Sesudah dikukus, singkong ditumbuk dalam lumpang batu hingga halus menjadi seperti gethuk. Setelah dimasukkan dalam cetakan bundar, jemunak diiris tipis, ditaburi parutan kelapa tua, lalu disiram cairan gula merah yang disebut kincau.(AIS/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.