Sukses

Delapan Tahun, TKI Tidak Boleh Pulang

Darlina, seorang tenaga kerja Indonesia asal Desa Karanganyar, Panguragan, Cirebon, sejak 2001 belum bisa pulang dari Riyadh, Arab Saudi. Pihak majikan bersikeras tidak memulangkan Darlina dengan alasan tidak punya uang untuk membayar gajinya.

Liputan6.com, Cirebon: Darlina, seorang tenaga kerja Indonesia asal Panguragan, Cirebon, Jawa Barat, sejak 2001 belum bisa pulang dari Riyadh, Arab Saudi. Pihak sang majikan bersikeras tidak memulangkan Darlina dengan alasan tidak punya uang untuk membayar gajinya.

Darlina berangkat menjadi TKI pada seorang majikan bernama Said Ali Abdullah al Sahran dengan diberangkatkan PT Arunda Bayu yang beralamat di Condet, Jakarta Timur. Kepergian Darlina adalah atas kemauan sendiri. Alasannya, ingin membantu kesulitan ekonomi orang tuanya.

Namun, yang tersisa kini hanya kesedihan. Darlina tak bisa pulang meski kontak melalui telepon kerap dilakukan. Akibat menanti anaknya, sang ibu, Wastini, bahkan sempat mengalami stres berat selama setahun.

Sejauh ini, pihak keluarga telah berupaya melakukan berbagai cara agar Darlina bisa pulang. Misalnya, mendatangi  Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Tapi, hasilnya masih nol. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.