Sukses

Mendag: Pasokan Sembako Aman, Harga Naik Wajar

Dalam sidak di Pasar Babakan, Tangerang, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu meyakinkan pasokan sembako untuk Lebaran aman dan kenaikan harga masih wajar.

Liputan6.com, Tangerang: Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Babakan, Tangerang, Banten, Kamis (27/8) pagi. Sidak sengaja digelar untuk memastikan ketersediaan stok sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar induk menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dalam sidak di Pasar Babakan ini, Mari mendapati harga sembako rata-rata naik hingga 50 persen. Cabai merah yang sebelum Ramadan berkisar Rp 7.000 sampai Rp 8.000 per kilogram, kini mencapai Rp 14.000 per kilogram. Harga gula pasir juga naik dari Rp 9.000 per kilogram menjadi Rp 9.500 per kilogram. Kenaikan tertinggi dialami bawang putih. Selama sebulan terakhir ini, bawang putih naik dari Rp 4.000 per kilogram menjadi Rp 12.000 per kilogram.

Namun, Mari menilai kenaikan harga masih dalam batas kewajaran. Ia juga memastikan stok sembako aman untuk Lebaran nanti. Meski begitu, ada kekhawatiran pengiriman pasokan terganggu bila sektor transportasi bermasalah. Misalnya terjadi kemacetan luar biasa yang kerap terjadi bila musim mudik tiba.

Sementara itu dari pantauan SCTV di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, sejumlah ibu rumah tangga mengeluhkan kenaikan harga. Sejumlah barang kebutuhan pokok di pasar ini naik lima sampai sepuluh persen. Simak selengkapnya dalam video berikut.(TES/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini