Sukses

Imsak itu Ibarat Lampu Kuning

Secara kebahasaan, Imsak berarti menahan. Sedangkan Imsak setelah sahur dimaksudkan sebagai jeda untuk mempersiapkan seseorang membersihkan dirinya sebelum masuk azan Subuh.

Liputan6.com, Jakarta: Seorang pemirsa SCTV bernama Yurika Amanda, asal Jakarta, bertanya tentang pengertian imsak. Yurika juga menanyakan, apakah masih dibolehkan makan dan minum setelah masuknya waktu imsak hingga datangnya azan subuh. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Liputan 6 SCTV menghadirkan ustad Subki al-Bughuri, Sabtu (22/8).

Menurut ustad Subki, imsak jika dilihat dari sisi bahasa berarti "menahan". Bagi yang berpuasa, diwajibkan mulai menahan saat terbit fajar sampai terbenam matahari. "Itu keterangan yang sahih dari Nabi Muhammad SAW," tegas ustad Subki.

Sedangkan yang dimaksud dengan imsak sesaat sebelum subuh, merupakan anjuran dari ulama untuk mempersiapkan seseorang agar bisa salat di masjid. Jika tak ada jeda sekitar 10 menit, dikhawatirkan seseorang masih belum suci ketika akan salat subuh. "Ini semacam lampu kuning sebelum menyalanya lampu merah yang ditandai dengan azan Subuh," ujar ustad Subki. Nah, selengkapnya simak video berita ini.(ADO/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini