Sukses

Peserta Terus Bertambah, Jumlah Penyelam Dibatasi

Panitia Sail Bunaken 2009 memutuskan membatasi jumlah peserta menyelam hanya 2.700 orang karena keterbatasan luas lokasi penyelaman yang disiapkan.

Liputan6.com, Manado: Persiapan pemecahan rekor penyelam terbanyak serta upacara di bawah laut dalam ajang International Sail Bunaken 2009 terus dimantapkan. Seperti dilaporkan reporter SCTV Nova Rini dari Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (15/8) siang, jumlah peserta yang terdaftar mencapai 2.657 dari perkiraan semula yang hanya 1.500 peserta. Mengingat keterbatasan luas lokasi penyelaman, panitia memutuskan untuk membatasi jumlah peserta hanya 2.700.

Persiapan antara lain dilakukan di dasar laut tempat upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-64 RI dilangsungkan Senin lusa. Rencananya, penyelaman minimal di kedalaman 15 meter. Karung-karung pemberat pun sudah disusun untuk membatasi arena di dalam laut yang akan jadi tempat pemecahan rekor. Di dalam laut akan dilakukan upacara bendera, lengkap dengan pengibaran bendera, pembacaan teks Proklamasi, serta alunan lagu Indonesia Raya [baca: Pemecahan Rekor Terus Dimatangkan].

Di darat, persiapan dilakukan dengan gladi bersih yang diikuti seluruh peserta, tadi pagi. Dalam kegiatan ini dipaparkan tentang pentingnya koordinasi dan disiplin dalam penyelaman. Sebab, jika ada kesalahan sedikit saja dari peserta, dikhawatirkan bakal mengganggu keseluruhan penyelaman. Pihak TNI sendiri melalui Wakil KSAL Laksamana Madya Moekhlas Sidik menyatakan sudah mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Puluhan perahu karet, helikopter, serta kapal rumah sakit disiapkan untuk evakuasi korban. "Tapi, mudah-mudahan hal itu tak terjadi," ujarnya. Liputan 6 SCTV juga turut ambil bagian dalam ajang ini dengan menyajikan siaran langsung pada 16-17 Agustus. Selengkapnya simak video berita ini.(ADO/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini