Sukses

Menakertrans: Tim Akan Berangkat ke Jeddah

Menakertrans Erman Suparno mengatakan akan ada tim yang berangkat ke Jeddah, Arab Saudi, untuk mengurus TKI yang telantar di kolong jembatan.

Liputan6.com, Jakarta: Nestapa tenaga kerja Indonesia (TKI) di negeri orang menjadi kisah klasik dan selalu berulang. Para pahlawan devisa itu belum juga terlindungi ketika lapangan kerja di negeri sendiri belum memadai. Itu pula yang dirasakan para buruh migran di kolong jembatan Jeddah, Arab Saudi.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Erman Suparno mengatakan sudah mengambil langkah untuk menangani TKI yang telantar di kolong jembatan. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah menggelar rapat dengan instansi terkait seperti Departemen Sosial, Departemen Luar Negeri, dan Departemen Agama [baca: Derita TKI Kolong Jembatan Belum Berakhir].

"Tim akan segera berangkat ke sana [Arab Saudi] untuk menginventarisir masalah," kata Erman Suparno dalam dialog di Studio Liputan 6 SCTV, Sabtu (1/8) petang. Erman menambahkan, sebenarnya masalah ini tak ada kalau TKI berangkat secara resmi. Tak lupa Erman juga meminta bantuan warga yang mau bekerja di luar negeri.

Sementara itu, Ahmad Nur, TKI yang tinggal di kolong jembatan mengatakan sudah tak punya kartu identitas sama sekali karena telah disita oleh majikan. Ahmad Nur mengaku sudah tak percaya lagi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia. "Bukan membela warga negara, tapi lebih membela majikan," kata dia. Lebih lengkapnya, simak video berita ini.(JUM/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini