Sukses

Tas Cantik dari Enceng Gondok

Murid-murid MTs Negeri Tambak Beras Jombang, Jatim, mengisi liburan dengan membuat suvenir dari enceng gondok. Ada yang dibuat tas, tempat bunga, dan tempat tisu.

Liputan6.com, Jombang: Banyak cara mengisi liburan. Satu di antaranya dilakukan murid-murid Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambak Beras Jombang, Jawa Timur, baru-baru ini. Mereka membuat suvenir dari enceng gondok. Tumbuhan itu dikreasikan beragam bentuk di antaranya dibuat tas, tempat bunga, atau tempat tisu. Yang sudah jadi diberi pewarna dan hiasan pita serta bunga agar lebih menarik.

Semua berawal dari ide memanfaatkan tanaman bernama latin eichhornia crassipes itu yang tumbuh di lingkungan sekolah. Kerajinan enceng gondok ini dipasarkan dengan harga bervariasi mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 150 ribu. Hasil penjualan dimasukkan ke kas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sekolah mereka. Lihat selengkapnya di video berita ini.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini