Sukses

Nunchaku Cukup Digemari di Indonesia

Nunchaku adalah senjata yang berupa dua batang kayu yang dihubungkan dengan rantai atau tali. Meski sudah puluhan tahun berlalu ternyata pamor nunchaku tidaklah surut.

Liputan6.com, Jakarta: Mungkin tak banyak yang tahu senjata yang disebut nunchaku atau double stick. Namun bagi penggemar tokoh beladiri Bruce Lee pasti tahu dengan alat ini. Nunchaku adalah senjata yang berupa dua batang kayu yang dihubungkan dengan rantai atau tali. Sebagian orang Indonesia menyebut senjata ini dengan nama ruyung.

Bruce Lee merupakan tokoh yang memopulerkan nunchaku sebagai senjata bela diri. Kemahiran bintang laga pada tahun 1970-an memainkan ruyung melingkar-lingkar di udara. Bruce Lee mampu menjepitkkan nunchaku di bawah ketiak setelah disabetkan ke lawan. Kemahiran inilah yang mengundang decak kagum penggemarnya.

Dengan daya hancur kuat, nunchaku dianggap sebagai alternatif senjata yang mematikan. Terlebih bentuknya relatif simpel dan kecil sehingga mudah disembunyikan. Meskipun sudah puluhan tahu berlalu ternyata pamor nunchaku tidaklah surut. Terbukti di Indonesia khususnya di Surabaya, Jawa Timur, ada klub penggemar nunchaku.

Untuk menjadi nunchakers (sebutan untuk pemain ruyung) tidak harus bertubuh atletis atau bisa ilmu beladiri. Pada tahap awal biasanya seorang pemula mengalami babak belur lebih dulu dihajar senjatanya sendiri. Pasalnya senjata ini bisa mental setelah disabetkan ke arah lawan. Untuk melihat berita ini selengkapnya dapat melihat videonya.(JUM/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini