Sukses

BNP2TKI Dukung Penghentian Sementara TKI

Penghentian sementara pengiriman TKI ke Malaysia diharapkan memperbesar keseriusan pemerintah Kuala Lumpur untuk membenahi perlindungan TKI.

Liputan6.com, Jakarta: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mendukung penghentian sementara TKI ke Malaysia. Langkah ini dinilai efektif untuk menambah keseriusan Malaysia. Demikian diungkapkan oleh Ketua BNP2TKI Mohammad Jumhur Hidayat di Jakarta, Senin (29/6). Sementara itu perundingan berikutnya antara Indonesia dengan Malaysia akan dilakukan pada 15 Juli mendatang.

Ide penghentian sementara pengiriman TKI mencuat setelah banyak kasus buruh migran yang mendapat perlakuan tidak manusiawi. Contohnya, TKI asal Nusa Tenggara Timur bernama Modesta. Selama dua tahun bekerja, tak seringgit pun upah diterima dari majikan. Modesta justru mendapat siksaan. Modesta cacat pada kedua telinga dan terluka di sekujur tubuh. Bahkan, kedua matanya mengalami pengaburan akibat dianiaya [baca: Lagi, TKW Dianiaya di Malaysia].(JUM/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.