Sukses

Mahasiswa Demo Minta Ujian Nasional Dihapus

Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan di Polewali Mandar, Sulbar, mendesak pemerintah menghapuskan ujian nasional karena dinilai telah menurunkan kualitas pendidikan dan mentalitas para siswa.

Liputan6.com, Polewali Mandar: Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan (AMPP) Polewali Mandar, Sulawesi Barat, melakukan aksi unjuk rasa di kantor dinas pendidikan setempat, Selasa (23/6). Dalam orasinya para mahasiswa mendesak pemerintah dan dinas pendidikan untuk bertanggung jawab dengan bobroknya pelaksanaan ujian nasional tahun ini. Pengumuman hasil ujian yang dianulir beberapa kali membuat mahasiswa meragukan keabsahan dan kualitas ujian nasional.

Selain itu para mahasiswa juga mendesak Mahkamah Konstitusi untuk melakukan judicial review terhadap UU Nomor 19 Tahun 2005 yang menjadi landasan pelaksanaan ujian nasional. Menurut mereka, sumber daya manusia dan infrastruktur pendidikan yang memungkinkan pelaksanaan UU tersebut belum bisa diterapkan secara nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Polewali Mandar Arifuddin Toppo mengakui bobroknya pelaksanaan ujian nasional, namun ia menyatakan tak berwenang untuk menghentikan. Aksi ini sempat diwarnai adu mulut karena Arifuddin menolak menandatangani nota kesepahaman dengan mahasiswa yang berisi penolakan atas ujian nasional.

Para mahasiswa yang kecewa kemudian membubarkan diri dari kantor dinas pendidikan sambil mengutuk lembaga tersebut karena dinilai tidak punya kepedulian terhadap dunia pendidikan yang saat ini kian terpuruk.(TES/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.