Sukses

UMB dan SNMPTN Berbeda

Banyak pihak yang belum menyadari UMB dan SNMPTN diselenggarakan oleh dua pihak berbeda. Ini terjadi setelah pemerintah memutuskan menyelenggarakan sendiri ujian perguruan tinggi, tanpa keterlibatan swasta.

Liputan6.com, Jakarta: Ujian Masuk Bersama atau UMB yang diselenggarakan sejumlah universitas negeri ternyata masih diminati para calon mahasiswa. Di Universitas Negeri Jakarta, misalnya. Sejak kemarin hingga Ahad (7/6), sejumlah pelajar tampak mengikuti UMB di kampus tersebut.

Banyak pihak yang belum menyadari kalau ujian masuk universitas diselenggarakan oleh dua pihak berbeda. Ada yang digelar pihak pemerintah, ada pula yang dilakukan swasta. Ini terjadi setelah pemerintah memutuskan menyelenggarakan sendiri ujian perguruan tinggi, tanpa keterlibatan swasta.

Namun, sampai saat ini ada tujuh universitas yang masih nyaman melibatkan swasta. Karena itu mereka menggelar ujian sendiri yang dikenal dengan UMB tersebut. Perbedaan UMB dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN terletak pada penyelenggara dan formulir. Harga formulir UMB lebih mahal ketimbang SNMPTN. Tes UMB biasanya diadakan lebih dulu ketimbang SNMPTN. Untungnya, para siswa yang gagal tes UMB tetap bisa mencoba SNMPTN.(IKA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.