Sukses

UI Bangun Perpustakaan Terbesar di Dunia

Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, akan menjadi pemilik perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan Pusat UI tersebut bakal sanggup menampung sekitar 10 ribu pengunjung dalam waktu bersamaan.

Liputan6.com, Depok: Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, akan menjadi pemilik perpustakaan terbesar di dunia. Upacara pemancangan tiang pertama, Senin (1/6),  menandai dimulainya pembangunan Gedung Perpustakaan UI. Demikian siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Perpustakaan ini dibangun di atas area seluas 2,5 hektar. Luas bangunan keseluruhan sekitar 30 ribu m2 dan merupakan pengembangan dari perpustakaan pusat yang dibangun 1986-1987. Pembangunan gedung delapan lantai ini ditargetkan selesai Desember 2009 dengan dana dari pemerintah dan industri, terutama Bank BNI, dengan anggaran sekitar Rp 100 miliar.

Perpustakaan Pusat UI tersebut bakal sanggup menampung sekitar 10 ribu pengunjung dalam waktu bersamaan. Judul buku yang disediakan 3-5 juta, dilengkapi ruang baca, silent-room bagi dosen dan mahasiswa yang sedang menulis laporan penelitian atau karya ilmiah lain.

Gedung perpustakaan ini didisain dengan konsep sustanaible building. Sebagian kebutuhan energi menggunakan sumber terbarukan (solar energy). Di dalam gedung tidak diperkenankan menggunakan plastik. Area baru ini bebas asap rokok, hijau, serta hemat listrik, kertas dan air. "Fasilitas ini akan menjadi salah satu perpustakaan terbesar, termodern, dan terindah di dunia," demikian termaktub dalam siaran pers itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini