Sukses

Ongkos Naik Haji Diumumkan Sebelum Pilpres

Menag Muhammad Maftuh Basyuni mengatakan, kemungkinan besar biaya penyelenggaraan haji tahun ini naik. Itu karena ada perluasan halaman Masjidil Haram yang menyebabkan biaya pemondokan juga naik.

Liputan6.com, Jakarta: Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2009 akan diumumkan paling lambat sebelum pemilihan presiden 8 Juli mendatang. Demikian disampaikan Menteri Agama, Muhammad Maftuh Basyuni, usai menghadiri Milad ke-81 dan Rapat Kerja Nasional kedua Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Sabtu (23/5), di Jakarta.

"Mudah-mudahan Presiden tidak terganggu untuk segera menandatangani," kata Maftuh. Ditambahkan Maftuh, satu-satunya kendala dalam mengumumkan BPIH adalah belum adanya kepastian dari maskapai Saudi Arabian Airlines soal biaya transportasi jemaah haji ke Tanah Suci.

Menurut Maftuh, kemungkinan besar BPIH tahun ini naik dari tahun sebelumnya. Itu terkait dengan perluasan halaman Masjidil Haram sehingga biaya pemondokan juga naik. "Kita tidak ingin menaikkan, tapi kalau dari sana sudah naik mau diapakan," kata Menag.

Menanggapi pernyataan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyatakan BPIH tahun ini bisa diturunkan sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya, Menag mengatakan pemerintah tidak mengambil untung sedikit pun dari rakyatnya. "Pemerintah ini nirlaba, satu sen pun jika diambil itu haram. Kalau ICW bisa mendapatkan rumah lebih murah dari yang saya dapatkan sisanya, silakan ambil," kata Maftuh.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini