Sukses

Berlebaran di Panti Lansia Budhi Dharma Bekasi

Meski tanpa sanak saudara, penghuni panti lanjut usia Budhi Dharma tetap merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan ceria. Mereka bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk berlebaran.

Liputan6.com, Bekasi: Suasana Hari Raya Idul Fitri di Panti Sosial Wreda Budhi Dharma di Bekasi Timur, Jawa Barat, masih seperti dulu. Sepi dan hanya menggambarkan wajah-wajah tua penghuninya. Yang terlihat hanya sejumlah pria lanjut usia (lansia) yang merayakan Lebaran tanpa sanak saudara.

Ketika SCTV berkunjung ke panti saat Lebaran, sejumlah pria lansia tengah berkumpul di sebuah ruangan. Mereka berbincang akrab, sambil menonton televisi. Ada juga yang sedang bermain gitar. Tak terlihat istri, anak, atau cucu yang berkunjung ke panti untuk menengok mereka. "Soalnya mereka jauh. Ada di Solo. Jadi gak pernah ke sini," kata seorang penghuni panti.

Suasana serupa terlihat di wisma lansia perempuan. Mereka yang tinggal di panti ini tak lagi mempunyai suami. Bahkan, Nyonya Lagia Dharmo benar-benar hidup sebatang kara. Dia tak memiliki anak atau saudara. Meski begitu, Lagia tetap gembira bisa merayakan Lebaran bersama penghuni panti lainnya. "Biasa saja karena saya sudah biasa. Di sini saya sudah 10 tahun, jadi sudah merasa menjadi orang panti," ujar Lagia.

Penghuni Panti Tresna Werdha Teratai, Palembang, Sumatra Selatan, juga merayakan Idul Fitri dengan sederhana. Setelah Salat Id, mereka hanya menyantap hidangan ketupat dan opor ayam yang disiapkan pengelola panti. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan saling memaafkan di antara para penghuni dan pengelola panti [baca: Merayakan Lebaran di Panti Jompo].(ULF/Syaiful Halim dan Yoseph Herhudi Lestari)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini