Sukses

Ratusan Kecamatan Rawan Bencana

Sebanyak 320 kecamatan di 145 kabupaten dan kotamadya di seluruh Indonesia dinyatakan rawan bencana. Sinyalemen yang menyebutkan Otda sebagai pemicu lemahnya koordinasi pusat dan daerah dibantah.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 320 kecamatan di 145 kabupaten dan kotamadya di seluruh Indonesia dinyatakan rawan bencana. Prediksi ini didasarkan situasi lingkungan dan alam. Hal itu dikatakan Menteri Pemukiman dan Prasarana Wilayah Soenarno seusai Rapat Koordinasi Nasional Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Jakarta, Rabu (19/11).

Rakornas yang diikuti seluruh pimpinan daerah itu digelar setelah melihat penanganan musibah di kawasan Bukit Lawang, Sumatra Utara yang menunjukkan lemahnya koordinasi pemerintah pusat dan daerah. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Jusuf Kalla mengakui penanganan bencana di sejumlah daerah terkesan lamban. Tapi dia membantah sinyalemen yang menyebutkan otonomi daerah sebagai pemicu kelemahan koordinasi.

Untuk mengantisipasi bencana di masa mendatang, Menko Kesra menekankan empat langkah utama yang perlu dilakukan pemda. Yakni sistem peringatan dini, mengurangi dampak bencana, penanganan darurat, serta rehabilitasi ekonomi dan sosial.(COK/Syaiful Halim dan Adi Iskarpandi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini