Sukses

Penghargaan Berbahasa Indonesia Terbaik bagi Sejumlah Tokoh

Sejumlah tokoh menerima penghargaan karena dinilai sebagai yang terbaik dalam berbahasa Indonesia secara lisan. Penghargaan sastra juga diberikan kepada tiga sastrawan Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah tokoh menerima penghargaan dari panitia Kongres Bahasa Indonesia ke-8 karena dinilai sebagai yang terbaik dalam berbahasa Indonesia lisan. Di antara mereka yang menerima penghargaan tercantum nama Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Susilo Bambang Yudhoyono dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Richard Gozney. Penghargaan tersebut diserahkan menjelang pelaksanaan Kongres Bahasa Indonesia ke-8, yang dimulai Rabu (15/10) hingga 17 Oktober mendatang, di Jakarta.

Selain Susilo dan Gozney, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional juga memberi penghargaan bagi tokoh berbahasa Indonesia lisan terbaik kepada Menkeh dan HAM Yusril Ihza Mahendra, pengamat politik Eep Saefulloh Fatah, cendekiawan muslim Nurcholish Madjid, dan pakar hukum perbankan Pradjoto. Selain penghargaan untuk pengguna bahasa terbaik, panitia kongres juga memberikan penghargaan sastra bagi tiga sastrawan, yaitu N.H. Dini, Dorothea Rosa Herliany, dan Oka Rusmini.

Kongres bahasa dilaksanakan untuk menjawab semua tantangan dan permasalahan yang menyangkut kebahasaan dan kesastraan di Tanah Air saat ini. Kongres bahasa Indonesia terakhir berlangsung di Jakarta pada 1998.(PIN/Christiyanto dan Agung Nugroho)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini