Sukses

Sepatu Bung Karno Menghiasi <i>Walk of Fame</i> Monas

Proses pengambilan cetakan sepatu milik Sukarno dilakukan di rumah Guruh Sukarnoputra. Pencetakan sepatu sempat diambil beberapa kali karena cetakan pertama kurang jelas.

Liputan6.com, Jakarta: Kawasan Monumen Nasional kini memiliki trotoar yang memamerkan tapak-tapak kaki presiden dan mantan presiden Republik Indonesia. Untuk Sukarno, Pemda Jakarta hanya bisa membuat walk of fame, berupa sepatu sang Proklamator.

Proses pengambilan cetakan sepatu milik Sukarno dilakukan di rumah Guruh Sukarnoputra di Jalan Srwijaya 26, Jakarta Selatan, Kamis (18/9). Saat dicetakkan pada tanah liat berukuran 251 sentimetar persegi, sepatu Bung Karno dikenakan Sukmawati Sukarnoputri. Proses pencetakan sempat dilakukan beberapa kali karena cetakan pertama kurang jelas.

Sebelum pencetakan sepatu Bung Karno, tapak kaki seluruh mantan presiden kecuali B.J. Habibie yang kini tinggal di Jerman telah lebih dulu dicetak pada walk of fame. Bahkan, tapak kaki Presiden Megawati Sukarnoputri dan mantan presiden Abdurrahman Wahid kini sudah bisa disaksikan di trotoar sebelah utara Monas atau tepat di seberang Istana Merdeka.(ULF/Syaiful Halim dan Muhammad Guntur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini