Sukses

Teater Keliling Mementaskan &quotKapai-Kapai" Arifin C. Noor

Teater Keliling kembali mempertunjukkan kebolehannya melalui pentas "kapai-kapai" karya Arifin C. Noor di Gedung Dewan Kesenian Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Teater Keliling kembali mempertunjukkan kebolehannya melalui pentas "Kapai-Kapai" karya Arifin C. Noor di Gedung Dewan Kesenian Jakarta, Ahad (31/8). Meski mengusung naskah yang tergolong berat, teater ini mampu menyajikan pementasan yang memukau penonton yang sebagian besar kaum muda. Pertunjukan kali adalah yang kesekian kalinya digelar teater yang didirikan pada 1974. Sejatinya, teater ini telah mementaskan lebih kurang 1.249 naskah drama di berbagai event, termasuk di ajang festival teater di sejumlah negara.

Pertunjukkan ini mencoba menggambarkan kegamangan hidup seorang pemuda bernama Abu yang dimainkan sutradara drama ini, Rudolf Puspa. Abu senantiasa dibisikkan kemudahan dan gemerlapnya hidup oleh ibunya. Sementara sang istri, Iyem mencoba membawanya ke dalam kehidupan nyata yakni kesulitan dan tantangan menghadapi berbagai masalahnya. Dialog per dialog yang mengalir dari para pemain dalam pertunjukan ini mencoba menggiring penonton pada pesan moral drama bahwa hidup harus diperjuangkan dan musti memiliki landasan yakni agama. Kesadaran itu bisa didapat dengan melalui perenungan.

Yang unik dari pertunjukan kali ini adalah bergabungnya sejumlah pemain muda dari Teater Bangkit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Teater Guru yang juga binaan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Secara umum, aksi pemain di pentas bisa dibilang saling isi. Para pemain muda mampu mengimbangi para seniornya. Bahkan, improvisasi pemain dengan berinteraksi dengan penonton terbilang cukup berhasil untuk terus mengikat penonton. Sayangnya, penonton dari kalangan usia muda kurang apresiatif. Di tengah pertunjukkan, penonton kerap berteriak-teriak sendiri atau kadang merespon suatu adegan di pentas secara berlebihan.(ORS/Syaiful Halim dan Dwi Nindyas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini