Sukses

Olah Raga, Pencegahan Efektif Jantung Koroner

Penderita jantung koroner disarankan berolah raga, mengontrol tekanan darah, dan menghentikan kebiasan merokok. Penyakit ini kerap menyerang manusia di usia produktif.

Liputan6.com, Jakarta: Penyakit jantung koroner terjadi karena penyempitan pembuluh darah yang disebabkan proses aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Biasanya si-penderita akan mengalami rasa sakit di dada sebelah kiri yang menjalar ke bagian tangan dan jari. "Penderita jantung koroner juga sering keringat dingin," kata dr. Fadilah Supari, dokter spesialis jantung, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Fadilah, penyakit ini kerap menyerang manusia di usia produktif. Pencegahannya hanya dapat dilakukan melalui prevensi primer dan sekunder. Prevensi primer adalah pencegahan kepada orang yang memiliki faktor resiko sebelum terkena serangan. Sedangkan prevensi sekunder adalah pencegahan yang dilakukan terhadap penderita agar tak mendapat serangan berikut. "Namun, yang paling penting adalah menghentikan kebiasan merokok, mengontrol tekanan darah, dan berolah raga," kata Fadilah.

Olah raga adalah faktor penting dalam proses penanganan jantung koroner. Hanya, Fadilah mengingatkan, penderita sebaiknya mengkonsultasikan porsi olah raga kepada dokter. Selain itu, penderita juga harus memperhatikan pola makan --mesti seimbang antara karbonhidrat dan lemak berkualitas baik. Asam lemak esensial yang berkualitas bisa diperoleh dari ikan laut dan sayuran hijau.(ULF/Esther Mulyanie dan Eko Purwanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini