Sukses

BEI Luncurkan Indeks Syariah 27 April

Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal meluncurkan Indeks Syariah pada 27 April 2011. Indeks Syariah berisi 209 saham perusahaan berkatagori syariah dan sudah mendapat sertifikasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

Liputan6.com, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan Indeks Syariah pada 27 April 2011. Indeks Syariah berisi 209 saham perusahaan berkatagori syariah dan sudah mendapat sertifikasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI). Indeks Syariah akan melengkapi indeks sejenis yang sudah ada, yakni Jakarta Islamic Indeks (JII). Saham-saham ini akan direview setiap 6 bulan.

Direktur Pengembangan BEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan, Indeks Syariah sudah lama ditunggu para investor atau calon investor, dan juga pelaku pasar, seperti perusahaan efek bahkan manajer investasi. Jadi diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor, khususnya di daerah yang masih memiliki pemahaman halal atau haram berinvestasi di saham.

BEI telah mengantongi fatwa Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler pada 8 Maret lalu. Fatwa tersebut diharapkan sudah bisa beredar pada minggu pertama April.

Dengan sertifikasi halal dalam mekanisme perdagangan tersebut, BEI berharap masyarakat akan lebih berpartisipasi sebagai investor di pasar modal dan  semakin banyak investor baru di pasar modal.

Selanjutnya, BEI bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) akan melakukan sosialisasi dan edukasi ke sejumlah daerah, bukan hanya kepada masyarakat biasa tetapi juga kepada para Kyai, agar bisa berpartisipasi di pasar modal. (http://www.vibiznews.com/mla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.