Sukses

IHSG Dibuka Naik

Kembali terangkatnya saham-saham di kawasan global memberi sentimen positif bagi IHSG pada pergadangan hari ini. IHSG dibuka naik 7,18 poin atau 0,20 persen menjadi 3.531,66.

Liputan6.com, Jakarta: Kembali terangkatnya saham-saham di kawasan global memberi sentimen positif bagi Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG. Rabu (16/3), IHSG dibuka naik 7,18 poin atau 0,20 persen menjadi 3.531,66. Sementara indeks LQ45 naik 1,85 poin atau 0,29 persen ke posisi 631,15.

Research Analyst PT Panin Sekuritas Purwoko Sartono mengatakan, investor melupakan sementara sentimen negatif dari bencana alam di Jepang, termasuk risiko radiasi pembangkit nuklir yang telah mendorong bursa-bursa global tertekan.

"Setelah harga saham tertekan, investor kembali masuk, kami juga melihat kesempatan untuk trading pada saham-saham unggulan yang sudah oversold (jenuh jual)," kata Purwoko.

Ia memproyeksikan, IHSG hari ini bergerak pada kisaran support dan resistance 3.495 hingga 3.540.

Analis pasar modal David Ferdinandus menambahkan, setelah melemah cukup signifikan pada Selasa kemarin, investor biasanya kembali masuk mengambil posisi beli. "Kemarin melemah, jadi wajar investor kembali masuk karena harga saham saat ini sudah terdiskon," ujar David. "Namun, investor juga jangan lupa sentimen negatif dari Jepang juga masih besar."(BOG/ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.