Sukses

IHSG Berpeluang Terus Naik

Indeks Harga Saham Gabungan masih akan terus berpeluang naik, meski sempat melemah akibat adanya isu redenominasi. Target IHSG untuk tahun ini berkisar antara 2.900 hingga 3.300.

Liputan6.com, Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan masih akan terus berpeluang naik, meski sempat melemah akibat adanya isu redenominasi. "Target IHSG untuk tahun ini berkisar antara 2.900 hingga 3.300," kata Praktisi Pasar Modal Haryajid Ramelan di Jakarta, Rabu (4/8).

Faktor-faktor yang akan mendorong naiknya IHSG adalah kondisi global yang diperkirakan akan segera pulih, fundamental emiten yang cukup menggembirakan, dan harga komoditi seperti minyak, dan batubara yang relatif baik. Selain itu membaiknya faktor ekonomi Indonesia yang tumbuh 5,5 persen, dan suku bunga yang relatif stabil sebesar 6,5 persen.  

Haryajid menyarankan, untuk membidik saham-saham dari sektor pertambangan dan energi, perkebunan, perbankan, dan infrastruktur yang dinilai akan memberi gain yang lebih baik.

"Yang terpenting juga saat ini adalah akses para investor dalam mengawasi portfolio miliknya agar tidak dipermainkan para broker, sehingga investor pun mendapat keuntungan sesuai dengan pergerakan indeks yang makin positif " katanya.

Menurut Direktur PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Ananta Wiyogo, saat ini sebenarnya investor sudah memiliki akses yang cukup luas dalam mengawasi investasinya dengan memanfaatkan kartu Akses. "Investor dapat secara online mengetahui portfolio miliknya, dan apakah intruksi inevstasinya sudah dijalankan broker" katanya.(AYB)      

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini