Sukses

Rupiah Menguat Lima Poin

Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS Kamis pagi (7/7), menguat lima poin menjadi Rp8.533 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta: Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS Kamis pagi (7/7), menguat lima poin menjadi Rp8.533 per dolar AS. Penguatan ini dipicu oleh data ekonomi AS yang negatif.

"Mata uang rupiah masih dalam pandangan berpotensi menguat setelah mengalami koreksi dalam dua hari terakhir," kata pengamat pasar uang Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih.
 
Pelemahan dolar AS salah satunya dipicu oleh indeks untuk sektor non manufaktur AS yaitu jasa melemah dari 54,6 pada Mei menjadi 53,3 pada Juni.
 
"Penurunan ini berbeda dengan indeks manufaktur yang dikeluarkan sebelumnya yang justru naik. Padahal sektor jasa ini memberikan kontribusi 90 persen dari produk domestik bruto (PDB) AS," katanya.
 
Sementara dari dalam negeri, sinyal inflasi Juli masih akan terkendali dan dalam batas wajar, meski lebih tinggi dari pada inflasi Juni akibat kebutuhan masyarakat menyambut puasa dan lebaran.
 
"Tekanan inflasi diperkirakan terus naik sampai Agustus dan mulai turun pada September seiring dengan permintaan kebutuhan barang pokok yang turun pasca Lebaran," katanya.
 
Sementara pengamat pasar uang dari PT Bank Saudara Tbk, Rully Nova menambahkan, pelaku pasar masih menempatkan dananya dalam bentuk mata uang Rupiah yang mempunyai fundamental ekonomi positif.
    
"Nilai tukar mata uang kita masih cukup kuat terhadap dolar AS dipicu ekonomi dalam negeri yang stabil," kata Rully. (ANT/MLA)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini