Sukses

Rupiah Melemah Lima Poin

Kurs mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada perdagangan Selasa pagi melemah lima poin ke posisi Rp 8.620 dibanding sebelumnya Rp 8.615.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada perdagangan Selasa pagi melemah lima poin ke posisi Rp 8.620 dibanding sebelumnya Rp 8.615. Kondisi ini karena pelaku pasar tengah mengamankan dananya pada mata uang yang aman dan kuat di tengah kondisi global yang tidak menentu.

"Dolar AS jadi salah satu tempat pilihan bagi investor untuk menjaga nilai mata uang. Pelaku pasar merasa lebih aman dengan menempatkan dananya dalam bentuk dolar AS di tengah kondisi perekonomian global yang masih memberikan sentimen negatif," kata analis Pasar uang dari Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih.

Ia menambahkan pelaku pasar masih akan memperhatikan perkembangan kondisi di Yunani, tapi sentimen pasar diperkirakan positif pada perdagangan hari ini didukung pulihnya bursa AS dan Eropa. "Pasar Asia diperkirakan bergerak positif mengikuti perkembangan pasar lainnya pada perdagangan hari ini," katanya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.