Sukses

Rupiah Menguat 13 Poin

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat 13 poin ke posisi Rp 8.542 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp 8.555.

Liputan6.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat di pasar uang spot antarbank Jakarta Rabu (11/5) pagi, menguat 13 poin ke posisi Rp 8.542 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp 8.555.

"Harga komoditas energi yang terus menguat, membuat mata uang dolar AS kembali melemah. Pelemahan dolar AS itu membuat mata uang Asia termasuk mata uang dalam negeri menguat," kata analis valas Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih.

Lana Soelistianingsih menambahkan, setelah dua kali mengalami deflasi, inflasi kumulatif sejak Januari hingga April 2011 baru tercatat 0,39 persen atau hanya 1,17 persen annualized (disetahunkan). "Posisi itu masih cukup rendah dibanding target inflasi Bank Indonesia dan asumsi makro dalam APBN 2011," katanya.

Di saat yang sama, lanjut dia, pertumbuhan ekonomi kuartal pertama 2011 yang sedikit lebih rendah juga akan menjadi pertimbangan BI untuk mempertahankan BI rate tetap di posisi 6,75 persen.

Ia mengatakan, sedangkan ekspektasi inflasi tiga bulan mendatang akan naik dari deflasi 4,7 persen pada survei indeks keyakinan konsumen (IKK) Maret menjadi inflasi 0,5 persen pada survei IKK April.

Lebih jauh Lana Soelistianingsih mengatakan beberapa negara Asia lain seperti Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia dan India telah menaikkan suku bunga acuan dan menguatkan nilai tukarnya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.