Sukses

Rupiah Selasa Sore Naik Empat Poin

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa sore 919/4), naik empat poin menjadi 8.668 per dolar AS. Pelaku pasar kembali mengambil posisi beli, meski secara keseluruhan dalam volume yang relatif kecil.

Liputan6.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa sore 919/4), naik empat poin menjadi 8.668 per dolar AS. Pelaku pasar kembali mengambil posisi beli, meski secara keseluruhan dalam volume yang relatif kecil.

Analis PT Bank Saudara Tbk Ruly Nova mengatakan, pelaku pasar kembali merubah arahnya dari semula melepas rupiah pada siang hari kemudian menjadi membelinya. "Namun aksi beli menjelang perdagangan itu relatif tidak besar, sehingga rupiah hanya naik tipis," ujarnya.

Ruly Nova mengatakan, pasar uang masih lesu, karena pelaku belum semuanya masuk pasar, mereka hanya melihat situasi pasar saja yang cenderung melemah terutama pasar regional. "Kami optimistis rupiah pada hari berikut berpeluang untuk kembali naik asalkan pasar eksternal positif," ucapnya.

Menurut dia, rupiah sudah diperkirakan sebelum akan berada dalam kisaran sempit, karena pasar masih belum normal seperti biasa. Pelaku pasar masih menunggu laporan kinerja keuangan emiten dan data ekonomi AS yang diharapkan positif. 

Rupiah, memang berpeluang untuk menguat lagi karena faktor positif dari internal tetap ada, sedangkan dari eksternal masih tak menentu. Apabila data ekonomi AS membaik, maka peluang rupiah untuk bergerak naik cukup besar, asalkan di internal tidak ada perubahan fundamental ekonomi.

Faktor positif dari perusahaan BUMN yang akan membagikan dividennya dan didukung kinerja keuangan emiten pada awal bulan depan akan mendorong pelaku pasar melakukan pembelian rupiah. (ANT/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini