Sukses

Rupiah Senin Sore Masih Stabil

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di pasar spot antarbank Jakarta, Senin sore (18/4) relatif stabil, dan hanya turun lima poin menjadi Rp8.665 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di pasar spot antarbank Jakarta, Senin sore (18/4) relatif stabil, dan hanya turun lima poin menjadi Rp8.665 per dolar AS.

Pelaku pasar cenderung menahan diri menunggu keluarnya laporan emiten kuartal pertama 2011. Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib mengatakan bahwa pasar lesu, karena pelaku kurang aktif masuk ke pasar akibat lesunya kawasan regional.

"Akibatnya, sebagian kecil pelaku lokal melakukan aksi lepas terhadap rupiah," katanya.

Koreksi terhadap rupiah, menurutnya hanya merupakan aksi profit taking, setelah hari sebelumnya mengalami kenaikan yang juga relatif kecil. "Jadi posisi rupiah sebenarnya masih stabil seperti hari-hari sebelumnya," ujarnya.

Kostaman berpendapat rupiah masih berpeluang untuk menguat, asalkan faktor positif internal mendapat dukungan dari pasar eksternal. "Di pasar internal tidak ada masalah semua cukup baik hanya di pasar eksternal yang cenderung tidak menentu," ujarnya.

Rupiah menurutnya masih berpeluang untuk naik kalau melihat pasar internal positif, karena itu merupakan daya tarik bagi asing untuk terus menempatkan dananya di pasar uang maupun saham.

Namun, dana asing yang bersifat jangka pendek itu sulit untuk dialihkan ke jangka panjang. Apabila dana itu bisa beralih, maka peluang untuk membuka lapangan kerja sangat besar.

"Kami optimistis pemerintah sebenarnya sedang mencari jalan untuk mengalihkannya, namun sampai saat ini masih belum terjadi," katanya. (ANT/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini